Langsung ke konten utama

Aku memasang tonggak

ini adalah tonggak yang aku tanam
aku berharap ini akan tumbuh tunas
aku siram dan aku jaga
aku perhatikan setiap hari
berharap itu akan muncul tunas dari tonggak yang aku tanam
begitu lama sekali terasa, sampai tonggak itu muncul benih tunas
butuh kesabaran yang tinggi untu sekedar menanti sebuah tunas muncul

kadang aku diselimuti keraguan apakah tunas akan muncul
kadang rasa menunggu itu begitu mencekam
kadang menyiksa
kadang penuh kekahwatiran
padahal tonggak itu mempunyai kepastian yang besar untuk bertunas
asal kita berusaha merawatnya

ketika aku melihat titik tunas, hatiku bergembira
kegembiraan yang membuncah dari secercah harapan

oh ternyata tunas itu begitu  lambat untuk mekar
masih lama lagi untuk tumbuh menjulurkan batangnya
masih perlu waktu untuk membentuk cabang dari tunas itu
masih perlu waktu untuk tumbuh tunas baru

oh ternyata masih banyak waktu untuk menunggu
semoga aku masih sabar

ketika daun-daun itu tumbuh
aku masih harus menungu tanaman itu berbunga
belum tentu dari bunga yang mekar itu akan menjadi buah
aku masih harus bersabar untuk melihat pentil buah.

dari pentil buah aku mesti juga menunggu untuk
menjadi besar, untuk menjadi matang
aku mesti banyak menunggu dan bersabar
sebelum menikmati hasil yang aku harapkan

namun ada satu yang pasti dalam diriku
adalah aku yakin bahwa aku
akan berhasil menacpkan tonggak ini
menjadi pohon rindang yang lebat buahnya.

Komentar